Selasa, 06 November 2012

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI BLOG - DAFTAR ISI BLOG DENGAN SCROLL

• Label: BELAJAR BUAT BLOG

Daftar isi blog adalah sebuah fitur untuk memudahkan pengunjung mengeksplorasi isi sebuah blog tujuannya agar pengunjung bisa mengetahui seluruh isi postingan dari sebuah blog. Daftar isi Blog biasanya ada yang berdasarkan label atau kategori ada juga yang berdasarkan tanggal publikasi artikel.

namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana "cara membuat daftar isi dengan scroll" atau biasa juga dengan sebutan tombol gulir. contoh Gambar di bawah ini


Membuat daftar isi sederhana dengan Scroll atau tombol gulir

Daftar isi Blog dengan scroll ini tampilannya sangat sederhana dan tidak begitu banyak berat loadingnya. Menampilkan arsip atau isi blog berdasarkan tanggal dan bulan posting artikel. Cara membuatnya cukup mudah, bisa sobat masukkan di halaman statis, postingan, sidebar atau footer sekalipun. Khusus di halaman statis dan postingan harus masuk ke menu HTML (bukan compose). Silakan sobat copy kode berikut ini:
<div style="background-color: none; border: 1px solid #CCC; height: 400px; margin: auto; overflow: auto; padding: 3px; text-align: left; width: 95%;"><div align="center"><span style="font-size: medium;">Daftar Isi</span></div><script src="http://julak-project.googlecode.com/files/dafisiscroll%20.js"> </script><script src="http://blogger-marosblog.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"> </script></div>
Jangan lupa mengganti nama blog saya blogger-marosblog (kode warna hijau) dengan nama blog sobat blogger sendiri. Silahkan masukkan/ paste di sidebar atau footer.

Catatan;
  • Untuk ukuran tinggi lihat angka 400px silakan dimodifikasi
  • untuk lebar kotak daftar isi ditunjukkan dengan angka 95% jadikan 100% atau dikurangi.
  • Kata Daftar Isi bisa sobat ganti juga
sekian .semoga artikel cara membuat daftar isi Blog bermamfaat sampai jumpa di lain kesempatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar